Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Dunia Maya Mungkinkah

Mengenal Dunia Maya
oleh Memaknai Hidup

Kehidupan manusia saat ini sudah semakin dekat pada sebuah akhir. Hubungan antara sesama manusia sudah dihubungkan bukan melalui interaksi langsung. Perantara media digital mengantarkan informasi langsung kepada siapapun melalui alat canggih berupa smartphone. Penggunaan yang semakin menyeluruh di setiap kalangan manusia pun sudah mencapai kepada siapa saja dan merata.

Dunia yang kita kenal merupakan proses kehidupan yang dimulai dengan kelahiran. Hubungan kasih sayang antara orangtua dan anak ditunjukkan secara aktif dan interaktif. Pola pembelajaran pun didapatkan manusia melalui tahapan yang teratur dan terukur. 
Saat ini, informasi sudah melanda secara deras ke siapapun termasuk kepada anak-anak. Gadget dipegang dan diberikan orang tua tanpa pengawasan. Seorang anak di jaman ini telah cerdas dan mengenal apa itu Dunia Maya.

Dunia Maya merupakan sebuah pemahaman akan sebuah dunia lain atau dunia tidak nyata. seperti saat diri kita bercermin dan apa yang ada dalam cermin itu hidup dengan arahan yang kita berikan. Dunia Maya juga berarti dunia yang tidak hidup. Tubuh-tubuh kita mulai lambat dalam aktivitas. Berjam-jam setiap orang/manusia duduk menatap cermin layar gadget atau Monitor pc nya. 
saat itu, kita tersenyum sendiri, marah sendiri dan mungkin menangis sendiri. Apapun ungkapan perasaan yang muncul kita rasakan di dalam diri sendiri.

Keluarga, sahabat, lingkungan dan orang yang kita kenal telah dirangkum dalam sebuah aplikasi media sosial. Ungkapan apapun disajikan oleh media sosial. Jarak yang terpisah tersatu dengan video call. alat komunikasi secara nyata sudah pudar dan informasi pun bertebaran untuk diseleksi kebenaranya.

Saat itu semua keyakinan pun diuji dengan mempertanyakan. Tuhan Ada Dimana? saat hal seperti itu datang yakinlah anda sudah tidak lagi menjadi manusia yang utuh. Separuh jiwa anda telah pergi ke dunia maya. Tubuh anda tak ubahnya seperti patung yang anda ukir sendiri. Jemari anda menjadi penulis skenario dengan otak anda yang menjadi sutradara dengan tayangan anda yang sudah luar biasa.

Kenyataan seperti di atas sudah kita alami dan semakin dekata. Pada titik penghujung berdirilah anda untuk menyuarakan akan pentingnya kehidupan antara sesama manuisa dan lingkungannya.


Kenalilah dunia anda dan dimana anda harus berdiri.

Salam Kehidupan

Post a Comment for "Mengenal Dunia Maya Mungkinkah"